Beranda BIDUAN Alasan Rhoma Irama Tak Suka Lagunya Dijadikan Dangdut Koplo

Alasan Rhoma Irama Tak Suka Lagunya Dijadikan Dangdut Koplo

94 Views
Dangdut Koplo
Rhoma Irama tak suka lagu karyanya dijadikan dangdut koplo [credit- YouTube Alvin & Friends]

Sang raja dangdut Rhoma Irama blak-blakan mengatakan tidak suka lagu-lagu karyanya diubah aransemennya menjadi dangdut koplo.

Pernyataan Rhoma Irama tersebut tercetus saat Alvin Adam bertanya mengenai musik koplo yang terus menggerus keberadaan dangdut klasik di program ‘Alvin & Friends’.

Rhoma Irama mengakui hak asasi manusia untuk memainkan berbagai genre musik, termasuk koplo. Tetapi, sang raja dangdut pernah membuat pengumuman, “Jangan koplokan karya-karya Rhoma Irama!”.

Hal itu dicetuskan Rhoma karena bisa merusak lagu-lagunya. Esensi lagu menjadi hilang.

Rhoma Irama selama ini memang agak antipati terhadap koplo. Dilansir oleh Kompas.com (4/3/2012), Rhoma Irama mengatakan bahwa musik koplo bukanlah musik dangdut. Walau Rhoma Irama mengakui saat ini musik koplo sangat identik dengan musik dangdut.

Dia meminta masyarakat tidak menyamakan musik dangdut dengan koplo.

”Dangdut ya dangdut, koplo ya koplo, jangan menyebut dangdut koplo,” ujar Rhoma Irama usai Munas PAMMI ke-3 di Surabaya, (4/3/2012).

Musik koplo sudah menyimpang dari pakem musik dangdut dalam pengamatan Rhoma Irama. Koplo sudah menciptakan genre musik baru, karena itu istilah koplo harus dihilangkan dari istilah musik dangdut. Musik koplo identik dengan goyang eksotis yang merusak moral bangsa.

Dia hanya ingin menanamkan nilai kesopanan dalam bermusik, baik dari segi busana maupun goyangan. ”Musik dangdut memang identik dengan goyangan, tapi goyangan yang memenuhi nilai-nilai estetika koreografis,” ucap Rhoma Irama.

Rhoma Irama tidak terima apabila ada orang menyebut musik dangdut kampungan. Karena banyak lagu dangdut yang elegan.

Penyataan sang raja dangdut tadi kontradiktif dengan momen saat dirinya berkolaborasi dengan Via Vallen di ‘Konser Raya 24 Indosiar Luar Biasa’.

Saat itu Rhoma berujar bahwa dirinya senang dapat bertemu dengan pedangdut milenial berprestasi seperti Via Vallen. Seperti yang diketahui, Via Vallen adalah penyanyi ikonik musik koplo saat ini.

Karena penampilan Via Vallen dan beberapa penyanyi koplo lainnya yang mengenakan outfit tidak seronok, banyak orang yang mengatakan kalau saat ini dangdut telah naik kelas.

BACA KEMBALI 
Via Vallen Selow Duet dengan Raja Dangdut Rhoma Irama

Pewarta : Yos Mo
Editor : Yos Mo