Beranda Dinamika Balada Sodiq Monata dari Miskin Banget Hingga Jadi Raja Dangdut Koplo

Balada Sodiq Monata dari Miskin Banget Hingga Jadi Raja Dangdut Koplo

34 Views
Sodiq Monata
Sodiq Monata berbicara dalam tayangan Balada Dangdut Koplo di Kick Andy [credit-Metro TV]

Kesuksesan harus dicapai dengan kerja keras, pantang menyerah dan tentu saja diiringi oleh doa. Pedangdut fenomenal Cak Sodiq diundang sebagai bintang tamu program talkshow Kick Andy episode ‘Balada Dangdut Koplo’ untuk menceritakan balada kehidupannya, kerja keras hingga akhirnya sukses.

Pergelutan hidup Sodiq Monata dari miskin banget hingga sekarang sering disebut orang sebagai Raja Dangdut Koplo, diceritakan secara blak-blakan kepada Andy F. Noya yang membawakan acara Kick Andy.

Cak Sodiq tidak punya cita-cita jadi penyanyi top dan dikenal oleh banyak orang seperti sekarang ini. Sodiq lulus SD tapi ijasahnya hilang.

Sodiq sewaktu sekolah tidak pakai sepatu karena miskin banget. Ibunya Sodiq berprofesi sebagai sinden, bapak kerjanya petani.

Sodiq mengamen sejak umur 9 tahun. Memulai bernyanyi dari panggung ke panggung sejak tahun 1998.

Sewaktu sudah berumah tangga dan telah memiliki satu anak, Sodiq Monata menjalani dua profesi yang berbeda demi menopang kebutuhan hidup keluarga.

Sodiq Monata dulu pernah menjadi penjual nasi goreng dan kuli bangunan. Sewaktu jadi kuli bangunan mendapat penghasilan 25 ribu rupiah per hari.

Sehabis bekerja sebagai kuli bangunan, Sodiq mulai jam 5 sore sampai 11 malam berjualan dari nasi goreng. Sodiq jarang tidur selama 4 tahun karena ingin mengubah nasib.

Sodiq kemudian menggeluti profesi sebagai pemusik dengan mengikuti kegiatan orkes Arseta di kampungnya. Awal karier naik panggung, Sodiq cuma dibayar 15 ribu.

Sekarang Sodiq dengan orkesnya New Monata dibayar 50 juta sekali manggung dengan durasi 1 jam menyanyikan 10 lagu. Cak Sodiq tak menyangka pernah mendapatkan kesempatan diundang nyanyi di Singapura, Malaysia dan Hong Kong.

Cobaan berat buat Sodiq sewaktu kariernya beranjak naik, sang istri mengalami stroke saraf sejak tahun 2002.  Walau sudah tenar sebagai pemusik dangdut, Sodiq setia merawat istrinya Indah Yuliani dengan memasak dan mencuci baju di rumah.

Sewaktu istrinya sakit, Sodiq Monata membuat lagu buat Indah Yuliani berjudul “Jangan Meninggal Istriku”. Tahun 2018 lalu Indah Yuliani akhirnya meninggal dunia.

BACA JUGA 
Ungkapan Kesedihan Sodiq yang Kehilangan Istri

Tetap mempertahankan style reggae karena ingin berbeda dari pedangdut lainnya, Sodiq Monata bertekad untuk terus bermusik hingga akhir hayat.

Cak Sodiq berpesan kepada orang yang ingin mengubah nasib agar jangan pernah putus asa, sabar dan ikhlas. Sodiq berkata, “Kesabaran mutiara bagi seseorang, ketidaksabaran adalah petaka bagi seseorang.”

LIHAT JUGA 
Video Lirik Lagu Numpak RX King

Pewarta : Yos Mo
Editor : Yos Mo