Beranda Dinamika Penyanyi Dangdut Caleg DPR 2019-2024, Sanggup Goyang Hati Pemilih?

Penyanyi Dangdut Caleg DPR 2019-2024, Sanggup Goyang Hati Pemilih?

33 Views
Caleg DPR
Penyanyi dangdut caleg DPR 2019-2014

Setiap menjelang pemilu, partai politik rajin menggaet para artis untuk dijadikan sebagai kader yang diusung sebagai caleg DPR.

Popularitas artis dianggap parpol sebagai magnet yang dapat mendulang suara saat pemilihan umum. Di pemilu 2019, partai politik diharuskan memenuhi syarat mendapatkan 4 persen suara agar dapat menjadi anggota DPR.

Dari data Daftar Caleg Tetap (DCT) yang dirilis oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), terdapat hampir seratus artis yang diusung partai politik sebagai caleg DPR RI 2019-2024, belasan diantaranya adalah penyanyi dangdut.

Partai Nasional Demokrat (Nasdem) paling banyak mengorbitkan penyanyi dangdut sebagai caleg. Ada Kristina Iswandari penyanyi ‘Jatuh Bangun’ (dapil Jawa Tengah X), si ‘Goyang Patah-Patah’ Annisa Bahar (dapil Jawa Tengah IX), ratu tarling Dian Sastra (dapil Jawa Barat VIII).

Aktor yang pernah banting setir jadi pedangdut, Krisna Mukti, juga jadi caleg DPR dari partai Nasdem di dapil Jawa Barat X.

Nasdem juga memilih beberapa pedangdut lainnya sebagai calon anggota legislatif, yakni Selfi Nafilah “KDI” (dapil Jawa Barat X), Yuli KDI (dapil Jawa Timur III), Della Puspita (dapil Jawa Barat VII), Ageng Kiwi (dapil Jawa Tengah VIII), Vicky Shu (dapil Jawa Tengah VIII).

Partai Amanat Nasional (PAN) memilih Denada Tambunan, rapper yang kemudian jadi pedangdut, sebagai caleg DPR di dapil Jawa Timur VIII.

Angel Lelga yang terkenal karena kontroversinya dengan sang raja dangdut Rhoma Irama dan Vicky Prasetio, mendaftar sebagai caleg DPR di dapil Jawa Barat VII melalui Partai Perindo.

Pedangdut kawakan Jamal Mirdad yang saat ini berstatus sebagai anggota DPR 2014-2109 dari Partai Gerindra, mencalonkan diri kembali sebagai anggota legislatif di daerah pemilihan Jawa Tengah I.

Mulan Jameela yang pernah menyanyikan lagu rock dangdut ‘Sedang Ingin Bercinta’ bersama suaminya Ahmad Dhani, jadi caleg DPR Gerindra di dapil Jawa Barat XI.

Para pedangdut caleg DPR RI ini apakah akan sanggup menggoyang hati masyarakat untuk memilih mereka saat pencoblosan di hari PEMILU 17 April 2019?

Pewarta : Yos Mo
Editor : Yos Mo