Beranda Headline Perjuangan Rissa Asnan Membesarkan Komunitas ‘Dangdut in America’

Perjuangan Rissa Asnan Membesarkan Komunitas ‘Dangdut in America’

114 Views
Dangdut in America
Rissa Asnan (tengah) bersama pedangdut Amerika, Joelina Bee & LRP [istimewa: dok-Rissa Asnan]

‘Dangdut is the music of my country’, kutipan kata populer dari grup Project Pop itu merupakan realita yang sedang terjadi di Indonesia saat ini. Popularitas musik dangdut di Indonesia saat ini tidak tersaingi oleh genre musik lain.

Musik dangdut semakin fenomenal dan universal. Dangdut masa kini dengan sentuhan modern dari sisi musik, video, maupun aksi panggung penyanyinya mendapat respon luar biasa besar dari seluruh lapisan masyarakat.

Dulu dangdut sempat dianggap sebagai musik pinggiran, karena sebagian besar penggemar dangdut merupakan masyarakat menengah ke bawah yang berekonomi rendah. Namun, saat ini musik dangdut sudah menjangkau semua kalangan. Dari kalangan kelas bawah, kelas menengah, hingga kalangan kelas atas mulai ketagihan dengan dangdut.

Popularitas dangdut modern tak hanya menjadi primadona di Indonesia. Dangdut sudah mulai mendunia. Fenomena ini tak lepas dari dukungan media sosial seperti YouTube maupun aplikasi semacam TikTok yang membuat video lagu dangdut bisa dinikmati dari mana saja, tak berbatas negara.

Banyak penggemar dangdut yang berasal dari negara-negara di Asia seperti Malaysia, Hong Kong, dan Taiwan, karena di negara-negara tersebut banyak diaspora Indonesia.

Dangdut juga mulai merambah lintas benua. Musik dangdut sekarang mulai banyak penggemar di Amerika karena perjuangan tanpa lelah seorang Rissa Asnan yang membesarkan komunitas ‘Dangdut in America‘.

Komunitas ‘Dangdut in America’ sekarang memiliki artis-artis asli orang Amerika. Beberapa artis ‘Dangdut in America’ telah merilis single, dan mendapat respon positif dari para penggemar dangdut. ‘Dangdut in America’ bahkan sudah mempunyai program tayangan sendiri di TVRI.

Planet Dangdut baru-baru ini berkesempatan mewawancarai Rissa Asnan, sosok yang membidani lahirnya Komunitas ‘Dangdut in America’.

Rissa Asnan yang juga menjabat sebagai CEO NSR Productions, menceritakan berbagai pengalaman seru mengenai musik dangdut yang kini telah banyak digemari di Amerika Serikat.

Kami mengapresiasi usaha keras mbak Rissa Asnan memperkenalkan dangdut lintas benua hingga ke Amerika.

Mungkin masih banyak orang di Indonesia yang belum tahu, apa itu komunitas ‘Dangdut in America’? Siapa saja anggota komunitas ‘Dangdut in America?

‘Dangdut in America’ awalnya adalah ajang audisi dangdut di USA khusus untuk orang-orang Amerika. Komunitas ini terbentuk dari tahun 2007, base utama di kawasan Delaware.

Dangdut in AMerica
Rissa Asnan saat mengadakan audisi dangdut di Amerika [dok.: Rissa Asnan]
Dangdut saat ini sudah cukup populer di Delaware, bahkan di sana sudah ada komunitas dangdut hip hop.

Apa saja kegiatan rutin komunitas ‘Dangdut in America’?

Dulu kita rutin melakukan audisi. Belakangan ini kita aktif rekaman dangdut hip hop. Karena tidak semua orang Amerika senang dengan pure dangdut. Jadi ada gaya mereka sendiri yang ingin mereka improvisasikan dengan RnB atau Hip Hop.

Saya memperkenalkan musik dangdut bukan cengkoknya, tapi musiknya. Kita improvisasi dangdut dengan selera Amerika.

Dangdut in America
Rissa Asnan bersama anggota komunitas dangdut hip hop di Amerika [dok,: Rissa Asnan]
Sejak kapan stay di sana? Apa kegiatan sehari-hari mbak Rissa di Amerika? 

Saya sudah 30 tahun di Amerika. Saya tinggal di Amerika sejak tahun 1989, sewaktu berstatus sebagai pelajar di kawasan California.

Kegiatan sehari-hari saya sebagai seorang ibu, setiap hari antar jemput anak bungsu saya Ricky yang berusia 14 tahun. Anak pertama saya tinggal di Jerman, anak kedua stay di New York.

Sebagian besar waktu saya mengurusi komunitas dangdut di sini. Kegiatan lain, menyewakan gedung real estate yang saya punya.

Kapan dan bagaimana awal mula mbak Rissa memperkenalkan dangdut di Amerika? Apa alasan mengenalkan dangdut di Amerika?

Awal mula memperkenalkan dangdut di Amerika, saya jadi promotor, mengundang artis Indonesia ke Amerika. Tapi, saya melihat musik dangdut hanya dikenal oleh komunitas orang Indonesia yang tinggal di Amerika, orang asli Amerika sana tak tahu apa-apa mengenai dangdut.

Dangdut in America]
Rissa Asnan pernah mengundang pedangdut Thomas Djorghie untuk konser di Amerika [dok.: Rissa Asnan]
Saya jadi terbersit ide membuat jalinan hubungan antara orang-orang Amerika dengan komunitas Indonesia di sana.

Saya lalu mengadakan audisi dangdut buat orang-orang Amerika. Karena musik dangdut bakal mencuri perhatian orang Indonesia di Amerika. Kalau bikin acara audisi jazz di Amerika sudah biasa banget.

Dangdut genre musik Indonesia yang tepat untuk dimajukan secara komersil di Amerika. Tentu tidak mudah memperkenalkan dangdut di sini. Sampai sekarang saya masih terus berjuang memperkenalkan dangdut ke lebih banyak orang di Amerika.

****

Masih banyak pengalaman menarik yang diungkapkan oleh penggagas ‘Dangdut in America’ tersebut. Nantikan cerita Rissa Asnan lainnya hanya di Planet Dangdut.

CERITA LAINNYA
Rissa Asnan Sempat Dianggap Gila Memperkenalkan Dangdut di Amerika

Pewarta : Yos Mo
Editor : Yos Mo